Perbedaan Kopi Gahwa Arabi dan Kopi Lainnya


Kopi Arab atau yang disebut Gahwa Arabi merupakan “minuman selamat datang” yang disajikan bagi para tamu yang berkunjung ke Negara tersebut. Maka hampir setiap rumah di Arab Saudi memiliki persediaan kopi ini di rumah mereka. Kebiasaan dan etnis masyarakat yang selalu memuliakan tamu ini, menjadikan Gahwa Arabi sebagai minuman terkenal bagi tamu yang berkunjung ke Negara tersebut.

Perbedaan Kopi Gahwa Arabi
Hampir sama dengan biji kopi pada umumnya, hanya saja cara pemanggangan kopi ini sedikit berbeda. Proses pemanggangan Gahwa Arabi hanya dilakukan sebentar sehingga kopi ini memiliki warna cokelat dan cenderung kuning kecokelatan. Proses pemanggangan pada kopi merupakan hal yang paling penting dalam mempengaruhi perubahan karakteristik kimia dan fisik pada cita rasa dan kandungan kafeinnya. Karena hanya melalui proses pemanggangan yang sebentar, maka kandungan kafein dan air pada Gahwa Arabi lebih tinggi dibandingkan kopi pada umumnya.

Cara penyajiannya pun cukup unik. Kopi ini disajikan di dalam termos khusus yang unik atau dikenal dengan Dallah, sedangkan cangkir yang digunakan disebut Finjan Gahwa yang berukuran kecil tanpa pegangan. Kopi ini biasa disajikan dengan kurma, coklat ataupun makanan manis lainnya, karena Gahwa Arabi memiliki rasa yang pahit dan sedikit pedas karena diseduh dengan rempah-rempah seperti cengkeh, kapulaga dan kunyit.

Tidak hanya nikmat, minuman ini ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan, melawan nafsu makan berlebihan, mengurangi nyeri otot dan mengaktifkan sistem saraf. Tapi ingat, jika Anda meminum kopi ini, usahakan jangan berlebihan karena kafein yang terkandung didalamnya sangat tinggi.

Posting Komentar

0 Komentar