Lakukan 4 Hal Penting Ini Sebelum Meninggalkan Rumah

Ketika hendak pergi atau mudik yang harus kamu perhatikan adalah sistem keamanan rumah. Hal ini merupakan terpenting bahkan wajib diperhatikan oleh pemilik rumah. Kamu pasti akan merasa tidak yakin dengan keamanan rumah meskipun sekarang di beberapa kompleks perumahan dan apartemen sudah dilengkapi dengan fasilitas keamanan. Selain itu kamu juga perlu waspada terhadap pencurian dan untuk melakukan beberapa tindakan pencegahannya kamu harus menambahkan beberapa sistem keamanan seperti ini. 

Teralis Pengaman

Teralis Pengaman
Sumber : gambarfurniturkeren.com

Memasang teralis pengaman di depan/belakang jendela atau pintu dapat membantu mencegah terjadinya pembobolan maupun pencurian yang dapat mengancam keamanan rumahmu. Jika rumah kamu terdapat sirkulasi udara di atap dengan posisi yang terbuka, maka kamu sangat wajib untuk memasang teralis pengaman. Selain berfungsi sebagai melindungi rumah dari pencurian dan pembobolan, fungsi lain dari teralis adalah menjaga keamanan anak-anak ketika sedang bermain di dekat jendela agar tidak terjatuh.

Pilih teralis dengan panel pembuka yang sempurna karena untuk berjaga-jaga ketika sedang terjadi suatu hal darurat dirumah. Bahan yang digunakan untuk membuat teralis umumnya cenderung kuat, tidak mudah berkarat dan bahkan lebih modern seperti : stainless steel, mild steel, besi, dan juga aluminium.

CCTV

 
CCTV
Sumber : Carousell.com

Memiliki kamera pengintai atau Spy camera tentu akan membantumu untuk mengawasi keadaan sekitar rumah dan juga gerak gerik mencurigakan orang yang masuk ke halaman rumah. Jika suatu saat terjadi perampokan di rumahmu, kamu bisa membawa barang bukti hasil rekaman yang diambil CCTV dirumah dan akan sangat membantu dalam proses penyelidikan polisi. Lewat tayangan yang ditampilkan CCTV tadi akan lebih mempermudah polisi untuk mencari dan mengidentifikasi pencuri yang telah mencuri di rumahmu.

Sekarang ini sudah banyak sekali jenis kamera CCTV yang sudah dilengkapi dengan sistem monitoring secara real-time. Dengan sistem ini para orang tua dapat dengan mudah mengawasi aktivitas yang dilakukan anak-anaknya  dirumah tanpa harus mengganggu pekerjaan. Bila terjadi kecelakaan anak-anak di rumah para orang tua bisa langsung mengetahui penyebabnya dan bisa melakukan tindakan pencegahan.
Tapi kalau budget yang kamu miliki tidak cukup untuk membeli CCTV, beli saja fake kamera. Kamu bisa mengelabui pencuri dengan memasang fake kamera CCTV ini di bagian rumah yang mudah dilihat orang.

Sistem Alarm
 
Sistem Alarm Rumah
Sumber : AliExpress.com
Ketika terjadi gangguan orang mencurigakan di sekitar rumahmu alat ini akan memberitahumu dengan mengeluarkan suara. Sebaiknya kamu jangan hanya pasang sistem alarm ini di bagian pintu saja tapi kamu juga harus memasangnya di jendela rumah. Sistem alarm ini memiliki banyak fitur seperti pendeteksi gerak, pendeteksi panas, pendeteksi asap, dan masih banyak lagi lainnya. Jika ingin memasangnya sesuaikan dengan fungsi dan juga kebutuhanmu.

Memiliki sistem alarm ini merupakan hal yang sangat penting, apalagi untuk para wanita yang tinggal sendirian dirumah dan juga para lansia sangat disarankan untuk memasangnya. Hal yang perlu kamu lakukan sebelum pergi meninggalkan rumah adalah mengeceknya setiap kali agar tetap berfungsi dan tidak lupa untuk mengaktifkannya.

Penebalan Pintu

 
Penebalan Pintu
Sumber : modeldesainrumah.com
Pastikan memiliki sekrup yang dipasang di piringan pintu berukuran lebih panjang  pada setiap rangka pintu yang ada dirumah atau apartemen mu. Karena kebanyakan pintu hanya memiliki sekrup berukuran setengah inci yang mudah dirusak. Dengan memasang sekrup yang lebih panjang akan cukup mustahil bagi pencuri dapat menjebol pintu dan juga kancing pintu tidak akan mudah lepas hanya dengan ditendang.

Demikianlah beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum meninggalkan rumah agar terhindar dari pencurian atau bahaya lainya.

Posting Komentar

0 Komentar