Cara Memilih Oli untuk Mobil Anda

Oli atau pelumas merupakan bagian paling penting bagi mesin kendaraan karena bisa membantu menghindari benturan antar partisi. Memilih  oli terbaik mungkin terdengar sepele, tetapi jika salah dalam pemilihan tentu masalah yang ditimbulkan akan sangat fatal. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat memilih oli untuk mobil:

Oli Terbaik

Sesuaikan dengan karakter mesin
Bila Anda tidak mengerti tentang mesin, cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk menentukan oli terbaik adalah dengan melihat manual book yang disertakan saat pembelian mobil. Di dalam manual book biasanya dijelaskan spesifikasi dan jenis oli seperti apa yang cocok untuk mobil Anda.

Kekentalan oli
Oli memiliki kekentalan yang berbeda-beda. Meskipun sama-sama berguna sebagai pelumas, pemilihan kekentalan yang tak tepat bisa menyebabkan perlindungan terhadap mesin kendaraan menjadi kurang optimal. Biasanya, tingkat kekentalan oli ini selalu ditulispada kemasan jadi jangan sampai salah pilih.

Nah, tingkat kekentalan atau viscosity grade pada oli berdasarkan pada Society of Automotive Engineer (SAE). Semakin kental suatu oli maka semakin besar angka yang terdapat pada belakang kode SAE. Misalkan, di kemasan tertulis kode SAE 15W-40, berarti oli tersebut memiliki kekentalan pada saat winter (-20° Celcius) adalah 15 dan 40 pada kondisi normal.

Bahan dasar oli
Saat ini, hanya ada 2 bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan oli, yaitu berbahan dasar sintetis dan mineral. Oli sintetis terbuat dari bahan kimia aditif, sedangkan oli mineral terbuat dari bahan alami atau ekstraksi minyak bumi. Oli sintetis memiliki kemampuan lebih baik dalam menjaga gesekan pada mesin.

Hal tersebut disebabkan karena oli sintetis memiliki kadar penguapan lebih rendah. Selain itu, ukuran partikelnya juga lebih kecil sehingga mampu melumasi mesin dengan lebih baik. Dari segi biaya pun oli sintetis ini lebih ekonomis karena lebih tahan terhadap oksidasi. Kandungan detergen pada oli satu ini juga mampu menjaga kebersihan mesin.

Semua hal tersebut perlu Anda perhatikan ketika memilih oli terbaik untuk mobil Anda. Masalah merek, kami sangat merekomendasikan oli Idemitsu yang sudah jelas kualitasnya serta memiliki banyak pilihan.

Posting Komentar

0 Komentar