Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Asuransi Kesehatan untuk Keluarga

asuransi kesehatan keluarga

Biaya kesehatan yang terus meningkat tiap tahunnya membuat banyak orang mulai sadar akan pentingnya asuransi, baik asuransi mandiri maupun keluarga. Namun, tidak seperti asuransi mandiri, dalam memilih asuransi kesehatan keluarga ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain sebagai berikut:

Manfaat
Tiap produk asuransi tentu memiliki manfaat yang berbeda-beda. Ada beberapa asuransi yang menanggung beberapa pengobatan saja atau ada juga yang menanggung seluruh jenis pengobatan. Oleh sebab itu, sebelum memilih asuransi Anda perlu mempertimbangkan apa saja manfaat yang diberikan, terlebih untuk asuransi keluarga.

Pastikan asuransi yang Anda pilih mengakomodir semua anggota keluarga, mulai dari anak hingga istri. Misalnya saja penanggungan biaya persalinan, manfaat ini tentu menjadi item wajib dalam asuransi kesehatan untuk keluarga.

Syarat dan Ketentuan
Sebelum membeli asuransi kesehatan, pastikan juga Anda memahami dengan saksama syarat dan ketentuan yang berlaku. Pasalnya, ada beberapa penyedia asuransi yang memiliki batasan tertentu, misalnya sebelum ke dokter spesialis Anda harus ke dokter umum terlebih dahulu atau pada beberapa layanan Anda tidak mendapatkan penanggungan sepenuhnya.

Pelayanan
Umumnya asuransi kesehatan saat ini sudah menerapkan sistem cashless, di mana Anda tidak perlu menggunakan uang pribadi Anda ketika berobat di rumah sakit. Semua biaya pengobatan akan langsung diurus oleh pihak asuransi dan fasilitas kesehatan, sehingga Anda hanya perlu datang dan membawa kartu asuransi tanpa perlu membayarnya.

Sistem ini memang memudahkan, namun juga memiliki kekurangan, yaitu Anda hanya bisa berobat di fasilitas kesehatan yang sudah bekerja sama dengan pihak asuransi. Oleh sebab itu, pastikan penyedia asuransi yang Anda pilih memiliki rekanan rumah sakit yang banyak dan tersebar di seluruh daerah di Indonesia atau bahkan luar negeri.

Biaya Premi
Ketika membeli asuransi tentu Anda diharuskan membayar premi tiap bulannya. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap keuangan keluarga Anda. Oleh sebab itu, sebelum membeli asuransi pastikan jumlah premi yang Anda bayarkan sesuai dengan kemampuan dan tidak membebankan keuangan keluarga sehingga pembayaran bisa berjalan lancar.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli asuransi kesehatan keluarga. Salah satu penyedia asuransi yang memiliki reputasi baik serta rekanan fasilitas kesehatan yang luas adalah Allianz dengan SmartHealth Maxi Violet. Produk asuransi kesehatan untuk keluarga satu ini memberikan manfaat yang sangat lengkap dan mengakomodir seluruh anggota keluarga.

Posting Komentar

0 Komentar