Sebelum Membeli, Kenali Perbedaan Light Emitting Diode (LED) dan Lampu Daytime Running Light (DRL) Mobil

lampu Daytime Running Light mobil

Semua pasti setuju jika lampu merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah kendaraan, apalagi mereka yang sering berkendara dalam malam hari. Pencahayaan yang baik terbukti menjadi salah satu penunjang keselamatan selama berkendara, makanya ketika mengalami masalah pada lampu segera lakukan perbaikan. Untungnya saat ini sudah ada beberapa jenis lampu yang dijual dipasaran, mulai dari lampu Daytime Running Light mobil atau biasa disebut DRL sampai dengan yang tidak kalah terkenal adalah lampu LED. Bagi mereka yang belum paham pasti bertanya-tanya, apa saja perbedaan dari keduanya?

Tidak dipungkiri dalam sebuah mobil memang terdapat banyak sekali jenis lampu yang harus ada, mulai dari lampu depan atau utama, lampu sein, lampu belakang, lampu kabut, sampai dengan lampu aksesoris yang dapat membuat kendaraan lebih terlihat kece. Tetapi sebagai pemilik Anda tetap harus memperhatikan terlebih dahulu sebelum melakukan penggantian. Sama seperti untuk jenis Light Emitting Diode (LED) dan Daytime Running Light (DRL) yang mempunyai perbedaan. Nah, untuk membantu Anda membedakan. Berikut ini ada beberapa poin yang bisa Anda perhatikan yaitu:

1. Jenis
Pertama dari jenis LED atau DRL keduanya mempunyai perbedaan, banyak yang mengatakan DRL merupakan lampu aksesoris saja. Tetapi dalam kenyataannya lebih dari itu DRL mempunyai fungsi tambahan penerangan ketika Anda melakukan perjalanan dalam kondisi yang cukup gelap. Berbeda dengan jenis LED yang lebih kepada sistem pencahayaan lampu utama.

2. Fungsi utama
Di Indonesia lampu DRL mobil memang tidak begitu dipahami seperti LED, karena melihat dari fungsi utamanya. Dimana LED sudah jelas menjadi penerangan utama pada kendaraan seperti headlamp dan beberapa lainnya. Tetapi untuk jenis DRL lebih kepada tambahan, tidak heran jika sering disebut dengan lampu aksesoris.

3. Pemasangan
Ketiga mengenai pemasangan dari kedua jenis lampu tersebut yang cukup berbeda, karena ada beberapa menyambung dengan lampu utama ada yang sebagian terpisah dari lampu utama untuk jenis DRL.

4. Harga
Sudah jelas karena mempunyai jenis, fungsi dan tujuan pemasangan berbeda keduanya mempunyai perbedaan harga yang cukup signifikan. Tetapi mengenai harga bisa kembali lagi tergantung pada jenis atau mereka lampu yang Anda pilih. Saat ini memang LED lebih banyak dikenal mahal karena kualitasnya dan fungsinya yang baik.

Nah, itulah beberapa perbedaan yang bisa Anda perhatikan sebelum melakukan pembelian. Pada dasarnya ketika melakukan penggantian lampu itu tidak sulit, Anda bisa langsung saja masuk pada bengkel lalu serahkan sama mereka yang sudah ahli. Namun yang dikhawatirkan adalah ketidakpahaman itu dapat membuat Anda sulit memprediksi. Misalnya saja, lampu dari merek yang tidak begitu terkenal dengan kualitas biasa. Padahal Anda menganggap jika semua jenis itu sama akibat kurang paham. Hal itu pasti akan berujung masalah dimana sering terjadinya kerusakan karena kurang paham. Pasti Anda tidak ingin mengalami hal yang merugikan seperti itu bukan?

Dari ulasan diatas dapat disimpulkan jika lampu mobil saat ini muncul dalam berbagai jenis atau merek yang sangat banyak. Masing-masing menawarkan kelebihan yang bisa membuat seseorang mengalami kebingungan. Tetapi dengan memperhatikan perbedaan, kekurangan dan kelebihan seperti lampu DRL mobil dan jenis LED diatas, Anda akan lebih mudah untuk menentukan. Saat ini banyak informasi yang bisa Anda manfaatkan untuk bisa menganalisa kebutuhan lampu seperti apa pada kendaraan. Sekian, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi Anda. 

Posting Komentar

0 Komentar