Kelebihan Utama Menggunakan Asuransi Jenis Syariah

Allianz Asuransi Syariah

Asuransi syariah merupakan  produk asuransi baru yang bisa dipilih untuk menjadi jaminan pertanggungan pengobatan kesehatan. Program asuransi dengan sistem syariah akan berbeda dari asuransi biasa, namun bukan berarti produk asuransi ini menawarkan keuntungan yang lebih sedikit daripada asuransi konvensional. Berikut ini adalah beberapa kelebihan utama menggunakan asuransi sistem syariah.

1.      Dana Bisa Dicairkan
Kelebihan pertama dari asuransi ini adalah dana yang sudah Anda bayarkan dapat dicairkan kapan pun Anda membutuhkannya. Sebab, dana Anda inihanya titipan saja, bukan menjadi hak dari perusahaan asuransi. Dana ini pula sewaktu-waktu bisa  Anda dihibahkan.  

2.      Gotong Royong
Konsep yang digunakan asuransi ini adalah gotong-royong. Anda dengan pemegang polis lainnya saling tolong-menolong dalam biaya yang dikeluarkan secara tidak langsung. Jadi, premi yang dibayarkan akan dimanfaatkan untuk membantu pemegang polis lainnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

3.      Diawasi Dewan Pengawas Syariah
Kelebihan lainnya dari asuransi dengan konsep ini adalah diawasi Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang akan menjamin transaksi senantiasa sesuai prinsip syariah. Semua bentuk produk yang dikeluarkan dari perusahaan asuransi harus mendapatkan persetujuan dari DPS. Sehingga, produk yang dikeluarkan asuransi jenis ini tidak perlu dikhawatirkan lagi kehalalannya. DPS bekerja dengan tepat untuk memastikan semua prinsip syariah dapat ditaati dengan baik oleh perusaahaan asuransi. Jadi, pihak asuransi tidak bisa melakukan pelanggaran atau kecurangan.

4.      Lebih Terbuka
Anda tidak akan bingung dan bisa mengetahui semua program yang dijalankan karena sistem ini lebih terbuka dan transparan. Perusahaan asuransi akan menjelaskan dengan detail apa saja kewajiban serta hak pemegang polis. Selain itu, pemegang polis juga akan mendapat informasi terkait bagi hasil dan sistematika pengelolaan dana asuransi syariah.

5.      Keuntungan Bagi Rata
Asuransi dengan konsep syariah membagi keuntungan secara merata. Tidak akan ada pemegang polis yang akan dirugikan. Semua sistematika bagi hasil ini  akan dijelaskan di awal penyusunan polis.

Asuransi dengan konsep syariah  tidak memiliki riba di dalamnya, sehingga Anda yang muslim tidak perlu  mengkhawatirkan kehalalannya.  Bila Anda tertarik, silakan mengunjungi situs resmi perusahaan asuransi yang memiliki produk berkonsep syariah ini. Semoga membantu.

Posting Komentar

0 Komentar