Tips Membeli Rumah Bekas Agar Tidak Rugi

Tips Membeli Rumah Bekas

Ada pepatah yang mengatakan banyak jalan menuju Roma, itu pula yang sekarang ini banyak dipakai oleh masyarakat di Indonesia, contohnya saja sekarang ini untuk tahu cara belajar mobil orang tidak perlu lagi belajar ke sekolah mengemudi mobil, karena sudah banyak yang membuat video tentang itu di youtube. Sama halnya saat tidak bisa membeli rumah baru solusi yang dipakai adalah dengan membeli rumah bekas.

Namun membeli rumah bekas bukanlah hal yang gampang, ada banyak hal yang mesti diperhatikan agar saat membeli tidak rugi. Membeli rumah bekas tentu saja akan berbeda dengan membeli rumah yang baru. Dalam membeli rumah bekas, ada lebih banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar Anda bisa benar-benar mendapatkan rumah bekas yang tepat.

Agar mendapatkan rumah bekas yang tidak membuat rugi dan malah bia menguntungkan, simak beberapa tips membeli rumah bekas ini, mulai dari:

1. Cermati Anggaran
Sebelum Anda membeli rumah second, terlebih dulu Anda harus mencermati anggaran yang harus Anda keluarkan. Anda harus cermat menghitung biaya yang nantinya akan digunakan untuk melunasi pembayaran rumah, renovasi, hingga biaya tambahan lainnya. Semua ini harus disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

2. Akses dan Lokasi
Membeli rumah bekas bukan berarti membelinya disembaang tempat, perhatikan juga akses dan lokasi tempat ruma yang kamu ingin beli. Jika lokasinya jauh namun akses menuju rumah masih sangat bagus, rumah itu masih bisa dipertimbangkan untuk dibeli asalkan harganya tidak terlalu tinggi.

3. Kelengkapan Dokumen
Selanjutnya, sebelum membeli rumah bekas perhatikan juga kelengkapan dokumen rumah bekas yang hendak Anda beli. Pastikan rumah tersebut memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Izin Mendirikan Banguan (IMB). Anda dapat melakukan pengecekan kelengkapan dokumen tersebut di kantor pertanahan setempat.

4. Pastikan kondisi rumah
Membeli rumah bekas memang sangat dibutuhkan kecermatan. Salah satu hal yang harus Anda benar-benar cermati adalah kondisi rumah second yang akan Anda beli. Anda dapat minta bantuan tukang ataupun kontraktor untuk memeriksa kondisi rumah tersebut. Pastikan bangunan rumah tersebut masih kuat dan kokoh sehingga aman untuk ditempati hingga bertahun-tahun ke depan. 

Anda juga harus memeriksa dengan cermat fasilitas yang ada dalam rumah tersebut. Pastikan rumah bekas tersebut memiliki fasilitas yang baik, seperti sirkulasi udara yang cukup dan juga saluran air yang masih lancar untuk digunakan.

5. Lingkungan
Lingkungan adalah faktor yang sangat penting ketika Anda hendak memilih sebuah hunian. Anda harus memeriksa lingkungan sekitar rumah untuk memastikan keamanan lingkungan, pencahayaan jalan, dan juga kedekatan rumah dengan fasilitas umum yang dapat memberi pertolongan pertama seperti rumah sakit dan juga kantor polisi. 

6. Air dan Listrik
Sumber air adalah satu hal penting yang harus Anda perhatikan ketika hendak memilih sebuah tempat tinggal. Pastikan rumah tersebut memiliki sumber air bersih yang layak untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain itu ketersediaan listrik harus Anda perhatikan sebelum membeli sebuah rumah bekas. Pastikan rumah tersebut memiliki daya listrik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik Anda sehari-hari. Jika dirasa tidak cukup, Anda dapat minta bantuan PLN untuk menaikkan daya listrik rumah itu. Selain itu, Anda juga harus memeriksa instalasi kabel listrik untuk menghindari terjadinya korsleting listrik yang dapat menyebabkan kebakaran.

Posting Komentar

0 Komentar