Mengenal Keahlian dan Tugas Dokter Umum Secara Mendalam

Dokter Umum
Ilustrasi : Dokter
Semua orang pernah mengalami sakit baik yang bisa sembuh dengan cepat ataupun yang parah. Biasanya untuk mengatasi sakit tersebut ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Dimana ketika sakit yang dirasakan tidak parah maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan beristirahat menunggu badan untuk lebih baik. Akan tetapi apabila penyakit yang Anda derita tidak kunjung sembuh maka sebaiknya lakukan kunjungan ke dokter agar sakit dapat cepat sembuh. Adapun untuk dokter yang bisa didatangi ada banyak sekali, akan tetapi pada umumnya untuk dokter pertama yang akan didatangi adalah dokter umum. Dimana dokter tersebut kemudian akan melakukan pemeriksaan dan merujuk ke dokter spesialis apabila penyakit Anda membutuhkan penanganan dari dokter yang lebih ahli.

Biasanya dalam langkah pengobatan pertama Anda akan langsung bertemu dengan dokter yang umum dan belum langsung ke spesialis. Sehingga umumnya Anda bisa menemukan jenis dokter tersebut ketika berobat ke puskesmas, rumah sakit, dan juga klinik pribadi. Dokter tersebut mempunyai banyak keahlian standard yang biasanya bisa digunakan untuk pemeriksaan seperti tugas berikut ini:

1. Tugas pertama yang bisa dilakukan adalah untuk melakukan wawancara medis atau anamnesis pada pasien. Biasanya ketika melakukan pemeriksaan hal ini merupakan hal pertama yang dilakukan untuk dapat melakukan diagnosa penyakit pasien lebih lanjut. Sehingga dokter membutuhkan informasi seperti keluhan yang dirasakan oleh pasien.
2. Tugas selanjutnya adalah dokter ini juga dapat melakukan pemeriksaan umum untuk dapat melakukan diagnosis. Hal ini penting untuk dapat menentukan pengobatan selanjutnya yang diperlukan untuk dilakukan pasien.
3. Tugas selanjutnya adalah dapat untuk meresepkan obat-obatan yang diberikan pada pasien dari diagnosa yang telah dilakukan berdasarkan keluhan yang dirasakan.
4. Dokter ini juga dapat untuk memberikan vaksin apabila diperlukan.
5. Dokter ini bisa untuk merawat luka dan melakukan rehabilitas medis untuk mencegah komplikasi penyakit lebih lanjut.
6. Dokter ini dapat untuk merujuk pasien pada dokter spesialis yang sesuai.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa dokter ini merupakan dokter pertama yang akan Anda temui pertama kali sebelum akan melakukan pengobatan yang lebih dalam. Sehingga penyakit yang bisa ditangani oleh dokter ini juga sangat banyak tetapi belum secara dalam dapat mengobati pasien untuk penyakit tertentu seperti pada dokter spesialis. Akan tetapi untuk sakit yang standar bisa langsung ditangani dan sembuh dengan pengobatan yang dilakukan oleh dokter jenis ini.

Adapun untuk beberapa jenis penyakit yang biasanya diperiksa dan bisa ditangani oleh dokter yang umum adalah:

1. Jenis pertama adalah dokter ini bisa menangani penyakit infeksi saluran pernafasan yang akut seperti flu hingga radang tenggorokan.
2. Dokter ini juga dapat menangani penyakit paru-paru, pneumonia, dan bronkitis akut.
3. Mabuk perjalanan, hipertensi, dan kejang demam.
4. Gangguan tidur dan nyeri sendi.
5. Penyakit yang terjadi pada mata, infeksi telinga, dan rhinitis alergi.
6. Penyakit menular seksual hingga infeksi payudara.

Penyakit di atas merupakan beberapa contoh yang dapat diperiksa dan diobati oleh dokter umum. Akan tetapi selain itu juga ada banyak penyakit lainnya yang bisa diatasi selain nantinya jenis penyakit yang membutuhkan penanganan ahli dari dokter spesialis dan yang sifatnya sudah parah. Sehingga bagi yang membutuhkan pengobatan mulai dari flu, demam, dan juga membutuhkan vaksin masih bisa untuk ditangani oleh dokter jenis ini yang bisa ditemui di klinik, puskesmas, hingga rumah sakit.

Posting Komentar

0 Komentar