Mengenal Solar Panel dan Komponen Dalam Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pasang Solar Panel

Kebutuhan akan listrik semakin meningkat dari tahun ke tahun terutama perindustrian. Maka dari itu, untuk menangani permasalahan kelistrikan yang tidak tersalurkan, industri butuh inovasi baru dalam menyalurkan sumber energi listrik untuk menjalankan sistem pembangkit listrik tenaga surya. 

Sistem PLTS bisa menggunakan solar panel, perindustrian bisa pasang solar panel sekarang juga. Mudah sekali untuk melakukan pemasangan solar panel, jika Anda menggunakan jasa dari PT Sumberdaya Sewatama. Di perusahaan Sewatama Anda akan mendapatkan pelayanan yang terbaik. 

Komponen Terpenting Dalam PLTS 

Dalam menggunakan sistem pembakit listrik tenaga surya (PLTS) ada beberapa komponen yang harus diperhatikan. 

Inilah 3 komponen dalam PLTS, diantaranya sebagai berikut: 

1. Sistem untuk kontrol panel 

Anda harus tahu baha dalam sistem pembangkit listrik tenaga surya juga butuh sistem kontrol panel. Sistem dari kontrol panel mempunyai fungsi diantaranya yaitu charging dan discharging yang mana sistem ini bisa mengelola energi ke dalam baterai. Hal ini terjadi ketika panel surya sudah bekerja semaksimal mungkin. 

Sistem kontrol panel mempunyai beberapa nama, diantaranya yaitu BCU, SSC, dan BPR. Ada banyak fitur yanga da di dalam sistem kontrol panel, dengan tujuan untuk melindungi solar panel dari kerusakan. 

2. Penyimpanan energi dari PLTS 

Komponen yang sangat penting di dalam solar panel salah satunya yaitu baterai. Baterai yang ada pada solar panel sangat bisa digunakan untuk melakukan penyimpanan energi yang sudah dihasilkan dari sistem pembangkit listrik tenaga surya. 

Penggunaan dari tipe baterai berbeda sesuai dengan kebutuhan yang ada. Apabila menggunakan kapasitas yang sangat besar bisa memakai baterai berkapasitas besar dan hasil kerjanya bisa berjalan dengan optimal. 

3. Aksesoris pendukung 

Dalam menggunakan sistem pembangkit listrik tenaga surya, Anda membutuhkan aksesoris pendukung. Aksesoris pendukung ini diantaranya yaitu penyangga dari solar panel, kabel sambungan, beban, dan inverter. 

Dengan adanya aksesoris pendukung yang telah disebutkan, maka akan membuat fungsi-fungsi dari sistem pembangkit listrik tenaga surya mampu berjalan dengan optimal dan tentunya mampu mengaliri kebutuhan energi listrik industri. 

Posting Komentar

0 Komentar