Sebelum Touring, Sebaiknya Cek Dulu 6 Bagian Motor Ini!

Motor Touring
Sumber: pinterest.com
Kebanyakan masyarakat Indonesia lebih memilih menggunakan kendaraan sepeda motor untuk alat transportasinya. Ini karena motor dinilai lebih praktis, cepat, dan mudah melewati berbagai rute serta medan jalan apapun. Tak heran jika banyak orang memilih menggunakan motor untuk pergi touring. Meski tampak melelahkan karena harus berkendara motor sampai berjam-jam, tapi touring motor lebih mengasyikan dan terasa lebih menyenangkan. Apalagi kalau melewati rute dengan pemandangan alam yang indah, pastinya jadi momen yang gak boleh dilewatkan. 

Nah, buat kamu yang ingin pergi touring jarak jauh menggunakan motor, sebaiknya cek terlebih dahulu enam bagian motor ini sebelum berangkat touring. Ini  bertujuan agar motor gak ada masalah saat digunakan untuk touring.


1. Injeksi atau Karburator

Injeksi Karburator
Sumber: pinterest.com
Bagian satu ini sangat penting dan jangan anggap sepele. Karena kalau injeksi atau karburator motor kamu kotor, akan membuat kendaraan kamu suka macet-macetan. Biasanya di jarak 100m kendaraan roda dua tersebut bakal mati. Masalah seperti ini tentunya bakal merepotkan, bukan? Maka dari itu, ada baiknya kamu cek dulu injeksi atau karburator motornya. Kalau kondisinya kotor, maka segera bersihkan dulu sebelum melakukan perjalanan jauh.

2. Lampu

 
Lampu
Sumber: pinterest.com
Bagian yang perlu kamu cek selanjutnya adalah bagian lampu motor. Pastikan seluruh bagian lampu motor seperti lampu sein, lampu utama, lampu rem dan lampu senja masih berfungsi dengan baik. Lampu tentunya bisa mempengaruhi penerangan kamu saat berkendara di malam hari, serta pengendara di sekitar kamu.

3. Busi

Busi
Sumber: pinterest.com

Sebelum kamu berangkat touring, disarankan untuk cek bagian busi motornya juga. Busi yang basah, kotor dan terlihat hitam menandakan untuk segera diganti. Kalau kondisi busi gak di cek, motor kamu bakal macet total, bahkan gak bisa hidup. Gak mau kan seperti itu? Oleh karena itu, bagian businya juga jangan lupa buat di cek ya!

4. Oli

 
Oli
Sumber: pinterest.com

Coba cek oli motor kamu, kalau olinya kosong bahkan sampai kering maka segeralah ganti dengan yang baru. Kalau tidak, mesin motor milikmu pun akan terkunci, dan membuat motor macet hingga turun mesin. Kalau hal ini sampai terjadi, maka akibatnya mesin motor harus dibongkar, dan membutuhkan banyak waktu serta biaya yang gak sedikit.

5. Rem

 
Rem
Sumber: pinterest.com
Pastikan rem bagian belakang dan depan dalam kondisi bagus serta pakem. Mengingat banyaknya kasus kecelakaan yang diakibatkan rem blong. Jadi, cek rem motor dengan teliti mulai dari bagian talinya hingga ke kampasnya kalau menggunakan rem cakram. Selain itu, cek juga kondisi olinya. Hal seperti ini jangan sampai kamu anggap remeh, ya.

6. Ban

 
Ban
Sumber: pinterest.com

Tak sedikit orang yang mengalami kecelakaan karena disebabkan oleh kondisi ban motor yang sudah pecah-pecah dan tipis. Ban motor yang sudah tidak layak akan menyebabkan kendaraan mudah tergelincir. Maka dari itu, penting sekali untuk mengecek ban motor sebelum melakukan perjalanan jauh. Kalau ban sudah tipis, maka langsung ganti ban baru dengan ban Bridgestone atau ban Corsa. Kedua merk ban tersebut cocok banget buat kegiatan touring maupun harian. Pastinya punya kualitas yang mumpuni.

Enam bagian motor tadi jangan lupa di cek ya agar perjalanan touring kamu nanti jadi lebih aman dan nyaman. Jangan lupa buat berdoa sebelum berkendara. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Cukup sekian dan terima kasih!

Posting Komentar

0 Komentar